Catatan Psikologi: Sulit Mengingat Nama

Saya adalah orang dengan daya ingat yang buruk ketika harus mengingat nama orang, nama jalan, nama tempat, nama merk, nama bangunan, apapun yang berhubungan dengan nama, atau labeling. Bukan tidak bisa mengingatnya, tapi sulit. Butuh effort untuk mengingat semua itu, some case, harus ada event tertentu atau suatu kejadian agar saya dapat mengingat namanya dengan baik. Jadi, maafkan jika bertemu saya tidak menmyapa dengan nama, karena wajah saya pasti ingat, tapi sulit untuk mengingat namanya.
True story, saya berkenalan dengan seorang teman yang sekarang sangat akrab dengan saya, yang dia tidak tahu adalah, butuh waktu berminggu-minggu untuk saya hingga akhirnya bisa mengingat namanya. Setelah pertemuan ketiga atau keberapa-persisnya saya lupa-saya baru ingat namanya.

Saya bisa mengingat wajah orang dengan baik, walau hanya sekali bertemu, mengingat bagaimana kedaan jalan, bentuk bangunan, dan mendeskripsikan sebuah tempat, hanya saja sulit untuk mengingat nama-namanya.

Butuh bertemu beberapa kali, atau berkomunikasi berkali-kali bagi saya untuk bisa mengingat nama orang dengan baik, minimal menyimpan nomor kontaknya dihandphone.
Butuh melewati jalan yang sama berkali-kali untuk tahu nama jalannya.
Dan harus sering mendatangi sebuah tempat jika saya ingin mengingat nama tempatnya, disinilah peran media sosial berfungsi dengan baik. Tidak ada yang tahu kenapa saya suka sekali mengirim foto-foto sebuah tempat yang saya datangi ke instagram, salah satu alasannya adalah agar saya bisa mengingat nama tempatnya.

Dalam sebuah artikel yang saya baca, penyebabnya bukanlah karena kemampuan otak yang rendah. Richard Harris (dalam artikel brillio.net) mengatakan bahwa kemampuan mengingat nama seseorang ditentukan oleh daya ketertarikan dalam hubungan seseorang, untuk mengingat sesuatu agar bertahan lama, seseorang harus meningkatkan level ketertarikannya. Semakin kamu tertarik akan sesuatu, maka otomatis, hal tersebut akan tersimpan dalam ingatan kamu.

So, ada yang seperti saya juga? *nyari temen*

Share:

0 Comments