Belitung's Trip: Sekolah Laskar Pelangi & Kelenteng Kelapa Kampit

SD Muhammadiyah Gantong


Setelah menjelajah beberapa pantai di Belitung (Penyabong, Tanjung Tinggi, Sunset Hunter, Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas), ada satu tempat yang ingin saya kunjungi, salah satu set film Laskar Pelangi yaitu SD Muhammadiyah Gantong.





 
Ya..cuma segitu gitu aja set nya yang tertinggal. Tadinya kirain masih ada surau yang disamping sekolah, ternyata udah gak ada. Dengan keadaan sekolah begini, mereka anak-anak Laskar Pelangi masih semangat untuk sekolah, masih punya mimpi tentang sekolah, sementara ada anak horang kayaah, punya duit dan bisa sekolah di sekolah yang bagus, malah gak mau sekolah. Ironis banget.

Dari sini kami kemudian ke Museum Kata Andrea Hirata atau lebih dikenal dengan Museum Laskar Pelangi, yang akan saya posting tersendiri karena ada banyak foto-foto disana, hehehehe.

Menuju jalan pulang dari Belitung Timur, kami gak sengaja ketemu sama Kelenteng gede dan bagus banget, disepanjang jalan menuju kelenteng ini ada banyak lampion, serasa lagi ada di china. Kelenteng Kelapa Kampit ini kabarnya menelan dana hingga milyaran rupiah, pembangunannya sendiri dimulai dari tahun 2010, dan diresmikan bulan Januari 2015 lalu. Beruntung rasanya saya dapat melihat kelenteng ini, bisa menyaksikan mereka beribadah, tanpa bermaksud untuk mengganggu.




Share:

0 Comments